Teknik Industri UIN SUSKA Riau

Teknik Industri merupakan cabang ilmu teknik yang berhubungan tentang perencanaan (planning), perencangan (designing), penyusunan (installation), pengendalian (controlling) dan perbaikan (improvement) sistem yang terintegrasi yang tersusun atas manusia – mesin – material – metoda kerja – modal – energi dan informasi dengan menarik manfaat keilmuan lain seperti matematika, pengetahuan alam dan sosial. Teknik Industri juga mencakup ilmu teknik dan manajemen yang terintegrasi yang berupaya menilai, mengukur, menghitung dan meramalkan hasil yang akan dicapai oleh sistem yang terintegrasi. Jadi dapat dikatakan pula Teknik Industri merupakan ilmu yang menjembatani antara ilmu keteknikan dan ilmu sosial.

Menurut Awal mula Teknik Industri dapat ditelusuri dari beberapa sumber berbeda. Frederick Winslow Taylor sering ditetapkan sebagai Bapak Teknik Industri meskipun seluruh gagasannya tidak asli. Beberapa risalah terdahulu mungkin telah memengaruhi perkembangan Teknik Industri seperti risalah The Wealth of Nations karya Adam Smith, dipublikasikan tahun 1776; Essay on Population karya Thomas Malthus dipublikasikan tahun 1798; Principles of Political Economy and Taxation karya David Ricardo, dipublikasikan tahun 1817; dan Principles of Political Economy karya John Stuart Mill, dipublikasikan tahun 1848. Seluruh hasil karya ini mengilhami penjelasan paham Liberal Klasik mengenai kesuksesan dan keterbatas dari Revolusi Industri. Adam Smith adalah ekonom yang terkenal pada zamannya. "Economic Science" adalah frasa untuk menggambarkan bidang ini di Inggris sebelum industrialisasi America muncul .

Sedangkan, menurut sejarah perkembangannya di Indonesia, Teknik Industri lahir dari adanya permasalahan yang terjadi dalam proses manufaktur yang pada masa itu lebih banyak dilakoni oleh para sarjana Teknik Permesinan di kampus Institut Teknologi Bandung (ITB). Para akademisi dan sarjana Teknik Permesinan yang bekerja di perusahaan terkemuka di Indonesia merasa adanya kesenjangan pemahaman antara para sarjana ilmu sosial dan sarjana keteknikan khususnya permesinan tadi terutama ketika suatu organisasi melaksanakan proses perencanaan dan pengendalian produski. Sehingga munculah ide untuk membentuk suatu bidang ilmu yang bukan hanya membahas tentang proses yang bersifat keteknikan, namun juga menguasai aspek-aspek penunjang lainnya termasuk bidang sosial. Program Studi tersebut diberi nama dengan Program Studi Teknik Industri.

Teknik Industri UIN SUSKA Riau
Program Studi Teknik Industri UIN SUSKA Riau berdiri pada tanggal 9 April 2001 berada di bawah naungan Fakultas sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Pekanbaru. Keberadaan Program Studi sebagai bagian dari Fakultas Sains dan Teknologi UIN Suska Riau diharapkan akan memberikan dukungan bagi upaya Propinsi Riau untuk mewujudkan program peningkatan sumber daya manusianya yang tertuang dalam Visi Riau 2020 dan saat ini telah banyak mencetak bibit unggul di dunia kerja.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama