Universitas Islam Riau

UNIVERSITAS ISLAM RIAU atau disingkat UIR. Didirikan oleh YLPI Riau tanggal 4 September 1962 dan diresmikan Menteri Agama RI yang dituangkan dalam piagam yang ditanda tangani pada tanggal 18 April 1963. UIR berkedudukan di Pekanbaru dengan alamat Jalan Kaharuddin Nasution No. 113 Perhentian Marpoyan, Pekanbaru, Propinsi Riau.

UIR didirikan dengan Akte Notaris Syawal Sutan Diatas Nomor 15 Tanggal 30 September 1972 yang merupakan perbaikan Akte Notaris tahun 1962.UIR berasaskan Islam, Pancasila dan Undang – Undang Dasar 1945.

Di awal berdirinya Universitas Islam Riau hanya satu fakultas saja, yaitu fakultas agama dengan dua jurusan yaitu Jurusan Hukum dan Jurusan Tarbiyah, dengan Dekan Pertama A. Kadir Abbas, SH.

Para Dosen Universitas Islam Riau untuk pertama kalinya tercatat sebagai berikut;
  • Jurusan Agama :a. Ustadz H. Bakri Sulaimanb. Ustadz H. A. Hamid Sulaimanc. Ustadz Abd. Rahim Manafi dan Ustadz H. Nasaruddin Thaha
  • Jurusan Hukum :a. A. Kadir Abbas, SHb. Nazar Said, SHc. Sofyan Mukhtar, SH
Pada tanggal 18 April 1963, bersamaan dengan tanggal 23 Zulqaedah 1382.H Fakultas agama dipecah menjadi dua fakultas yaitu Fakultas Hukum dengan Dekan pertama Nazar Said, SH dan Fakultas Tarbiyah dengan Dekan Pertama H.A. Kadir Abbas, SH yang beberapa bulan kemudian digantikan oleh Drs. M. Farid Kasmi.

Acara peresmian Universitas Islam Riau dilangsungkan di Aula Kantor Gubernur KDH Tingkat I Provinsi Riau, Jalan Gajah Mada Pekanbaru dalam suasana khikmat dan meriah. Peresmian dilakukan oleh Menteri Agama, dalam hal ini diwakili oleh Kepala Bagian Urusan Perguruan Tinggi Agama yaitu ; Bapak H. Anton Timur Jaelani, MA, sekaligus menandatangani Piagam berdirinya Universitas Islam Riau. Pada acara peresmian tersebut, Nazar Said, SH ditunjuk memberikan kuliah umum dengan judul Hak Subjektif.

Suatu hal yang patut dicatat dalam usaha mendirikan Universitas Islam Riau (UIR) ialah Gubernur Kepala Daerah Tingkat I Riau saat itu ( Brigjend. H. Kaharuddin Nasution ) telah memberikan dukungan dan bantuan sepenuhnya, bahkan beliau turut langsung memimpin Univ. Islam Riau beberapa periode.

Dengan membaca Piagam pendirian Universitas Islam Riau tersebut, dapatlah diketahui dengan jelas cita – cita dan tujuan Universitas Islam Riau, yaitu :

Membentuk manusia yang berbudi luhur dan ikhlas sepanjang ajaran agama Islam yang cakap, mempunyai keinsafan bertanggungjawab tentang kesejahteraan masyarakat Indonesia khususnya, dunia pada umumnya, dalam mengamalkan ilmu pengetahuan, senantiasa dalam beriman kepada Allah dan Rasul – Nya.

MPertamanya Universitas Islam Riau hanya memiliki satu areal kampus yang terletak di pusat kota Jalan Prof. Mohd. Yamin, SH Pekanbaru dengan bangunan gedung tingkat II, namun pengembangan kampus tidak sampai disini saja, maka Universitas Islam Riau terus mengembangkan pembangunan dibidang fisik.

Berkat kejelian dan kegigihan Pimpinan Yayasan Lembaga Pendidikan Islam Riau maka diusahakan pembelian lahan di Km. 11 Perhentian Marpoyan seluas 65 Ha, dan tepatnya pada tahun 1983 dilaksanakan pembangunan pertama untuk gedung Fakultas Pertanian, sehingga pada tahun itu juga Fakultas Pertanian resmi menempati gedung baru di Perhentian Marpoyan tersebut.

Dengan adanya lahan di Perhentian Marpoyan tersebut UIR tetap berusaha mengembangkan pembangunan gedung, sehingga pada tahun akademis 1990/1991 semua fakultas dilingkungan UIR resmi menempati Kampus baru yang terletak di Perhentian Marpoyan, Km. 11 seluas 65 Ha, yang telah memperoleh hak guna bangunan atas nama Yayasan Pendidikan Islam.

Lahan yang terletak di Perhentian Marpoyan Km. 11 telah dibangun berbagai bangunan seperti :

  1. Gedung Fakultas Hukum tiga lantai
  2. Gedung Fakultas Agama Islam dua lantai
  3. Gedung Fakultas Teknik dengan dua lantai
  4. Gedung Fakultas Pertanian dengan dua lantai
  5. Gedung Fakultas Ekonomi dengan dua lantai
  6. Gedung FKIP dengan tiga lantai
  7. Gedung Fisipol dengan tiga lantai
  8. Gudung Fakultas Psikologi empat lantai
  9. Gedung Fakultas Ilmu Komunikasi satu lantai
  10. Bangunan Mesjid Kampus
  11. Bangunan Gedung Perpustakaan 4 lantai
  12. Bangunan Gedung kafeteria
  13. Bangunan Mushalla
  14. Bangunan Garase kendaraan UIR
  15. Bangunan Komplek perumahan Karyawan dan Dosen UIR
  16. Bangunan Gedung Pusat Kegiatan Mahasiswa ( PKM )
  17. Bangunan Gedung laboratorium
  18. Bangunan Gedung olah raga tennis
  19. Lapangan Bola Kaki
Visi Universitas Islam Riau
Universitas Islam Riau “Menjadikan Universitas Islam Riau yang unggul dan terkemuka di Asia Tenggara pada tahun 2020.

Misi Universitas Islam Riau
  • Menyelenggarakan pendidikan dan penelitian yang berkualitas untuk mendukung pembangunan nasional;
  • Pengabdian kepada masyarakat yang selaras dengan falsafah Universitas;
  • Menumbuh-kembangkan kehidupan akademik yang sehat serta membangun pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan humaniora dengan wawasan ke Islaman dan ke Indonesiaan; serta
  • Berperan aktif dalam menciptakan kampus madani dengan mengoptimalkan sumber daya yang ada.

Tujuan Universitas Islam Riau
  • Membentuk manusia yang berbudi luhur dan ikhlas sepanjang ajaran Islam, yang cakap dan mempunyai keinsyafan, bertanggungjawab terhadap kesejahteraan masyarakat Indonesia khususnya dunia umumnya dalam mengamalkan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni dan memangku jabatan agar tetap beriman kepada Allah dan Rasul-Nya.
  • Mengusahakan dan memajukan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni, menyelenggarakan usaha pembangunan, memilihara dan mengembangkan hidup kemasyarakatan sepanjang ajaran Islam sebagaimana yang ditentukan dalam Pancasila dan Undang- Undang Dasar 1945.

Sifat Khas Universitas Islam Riau
  • Universitas Islam Riau menjunjung tinggi kebebasan mimbar akademik yang bertanggung jawab dan dilaksanakan di kampus Universitas Islam Riau.
  • Universitas Islam Riau menjunjung tinggi etika akademis dengan menghargai hakekat masing–masing ilmu, tatacara pemikiran, penulisan dan pembebasan ilmu menurut metode ilmiah.
  • Universitas Islam Riau mengembangkan kerangka Ilmiah pokoknya menurut kebutuhan masyarakat Riau khususnya, manusia umumnya sesuai dengan perkembangan ilmu dan teknologi serta seni.
Logo dan Lambang Universitas Islam Riau (UIR)
logo universitas islam riau
Klik download logo uir
Sumber : http://uir.ac.id

1 Komentar

Posting Komentar
Lebih baru Lebih lama