Logo Baru UIN SUSKA Riau Resmi di Launching

logo lambang baru uin suska riau
Logo / lambang UIN SUSKA Riau Terbaru
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim (UIN Suska) Riau secara resmi mendeklarasikan pemakain logo baru pada Selasa (2/5) kemarin.

Pengesahan melalui deklarasi yang dihadiri oleh seluruh puncuk pimpinan UIN Suska Riau termasuk para dekan ini langsung dilaksanakan oleh Rektor UIN, Prof Dr H. M. Nazir Karim,. MA. Rektor pada siang itu membacakan deklarasi dan menandatangani pengesahan itu.

Menurut Nazir, perubahan ini sebenarnya agak terlambat, karena terjadi pembicaraan panjang sejak Oktober 2010 lalu. Perubahan logo ini, kata rektor, berkaitan dengan perubahan nama yang terjadi sejak Januari 2005 lalu.

‘’Sejak berubah nama dari IAIN menjadi UIN, universitas ini juga mengalami perubahan orientasi, visi dan filosofi. Logo ini tidak hanya gambarnya saja yang berubah, namun juga maknanya yang menyesuaikan dengan visi UIN Suska Riau menuju World Class University. Maka logo UIN ini harus diganti melalui tim khusus. Sangat panjang riwayat desain dan pemebicaraan logo ini hingga hari ini bisa kita sahkan dan kita deklarasikan pemakaiannya,’’ jelas Nazir usai deklarasi di lantai 5 Gedung Rektorat kampus itu.

Dalam deklarasi itu, Rektor mewajibkan seluruh elemen UIN Suska Riau menggunakan logo baru UIN SUSKA yang telah ditetapkan, karena logo yang lebih dinamis dan atraktif ini sudah masuk statuta dan sudah disahkan.

Deklarasi Logo Baru UIN SUSKA Riau
Hingga menurut Rektor, pemakaiannya tidak bisa ditunda-tunda lagi. UIN sendiri menargetkan dalam sebulan ke depan, pemakaian logo yang diikuti dengan perubahan stempel dan kop surat dapat tercapai.

Sementara itu, Pembantu Rektor I UIN Suska Riau Prof Dr Munzir Hitami MA menerangkan secara detail mengenai makna dan filosofi logo baru ini. Secara umum, dia menyebutkan, logo baru uin suska riau ini sangat sarat dengan arti di setiap pola desainnya, mulai dari segi delapan yang serupa bingkai menggambarkan simbol Islami.

Unsur logo yang terdiri dari kaligrafi kata Iqra, ayat pertama dari surat pertama Alquran serangkai yang membentuk segi delapan menggambarkan penguatan iman, ilmu dan amal.

Ayat pertama itu sarat dengan makna. Kata Iqra yang artinya membaca, memerintahkan manusia untuk menuntut ilmu.

UIN Suska Riau dalam hal ini dituntut melaksanakan pendidikan dan pengajaran serta latihan untuk melahirkan SDM yang berkualitas akademik, profesional dan memiliki pribadi Islami.

Sementara spiral diagonal berwarna kuning yang berada di tengah-tengah logo menggambarkan garis yang tidak pernah putus.

Filosofi spiral yang bermakna bahwa ilmu pengetahuan itu tidak akan pernah berhenti, terus berputar walaupun manusia yang menguasainya telah berhenti lebih dahulu karena kembali ke Sang Pencipta.

Sumber : riaupos.co dan uin-suska.ac.id

5 Komentar

  1. Alumni IAIN SUSQO4 Mei 2012 pukul 09.11

    Subhanallah, semakin bagus dan keren aja nih kampus ku dulu ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya pak/Buk, logo terbaru uin suska riau emang bagus dan keren, apalagi kampusnya jg tambah keren

      Hapus
  2. Iya keren logo terbaru uin suska riau nya..

    BalasHapus
  3. Logo tersebut merupakan logo terbaru dan masih susah ditebak maknanya. Tidak seperti logo-logo yg ada.. Sipp

    BalasHapus
  4. BEM UIN SUSKA RIAU17 Juli 2012 pukul 06.05

    Terima kasih logonya mas bro ...

    BalasHapus
Posting Komentar
Lebih baru Lebih lama