Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi CPNS Riau di Tunda

Seleksi CPNS Provinsi Riau
Seleksi CPNS Provinsi Riau
PEKANBARU (Riau Pos) - Enam kabupaten/kota yang berada di Provinsi Riau akhirnya menunda pengumuman hasil seleksi administrasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2013 yang seharusnya dilakukan, Senin (7/10).

Selain membludaknya pelamar di beberapa daerah, penundaan ini juga diakibatkan karena terjadinya pemadaman listrik sehingga mengganggu proses verifikasi khususnya di daerah.

Kondisi ini diungkapkan oleh Kepala Bidang Administrasi Kepegawaian Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Riau, Asrizal.

Ia menyebutkan, tertundanya pengumuman seleksi administrasi yang seharusnya, Senin (7/10) menjadi Kamis (10/10) mendatang, salah satunya akibat listrik sering padam.

"Dengan keterbatasan sistem, sementara pelamar membeludak dan jauh di luar dugaan, sehingga tim di daerah kewalahan. Seperti Meranti, pemadaman listrik juga berpengaruh memperlambat prosesnya," kata Asrizal kepada Riau Pos di kantor BKD Riau, kemarin.

Alasan lain penundaan, juga dikarenakan pertimbangan teknis di masing-masing daerah. Karena pengiriman berkas lamaran masih berdatangan, sehingga menambah makin membeludaknya pelamar di daerah.

Penundaan itu, menurut BKD Provinsi Riau, tidak akan terjadi perubahan proses lainnya. Di mana tes tertulis tetap dilaksanakan 3 November mendatang. "Meranti, Rohil dan Siak yang mengusulkan penundaan. Sementara daerah lainnya karena sudah tuntas, maka dilakukan pemerataan waktu pengumuman, agar tidak menimbulkan isu-isu negatif," ucapnya.

Sehari sebelumnya, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi Men PAN-RB menyetujui penundaaan pengumuman beberapa daerah di Riau.

"Karena sampai saat ini masih memverifikasi lamaran dan pihak Men PAN-RB sudah menyetujuinya. Jadi sebagai pihak yang bertugas dalam kapasitas koordinasi maka semuanya diserahkan kepada pusat dan daerah," ucapnya.

Sebagai pihak yang berkoordinasi, sambung Asrizal pula, memang kebijakan sudah diputuskan bersama berdasarkan arahan pusat. Tanpa harus mengganggu proses selanjutnya dalam seleksi penerimaan .

Selain itu, BKD berharap permasalahan listrik yang sering padam juga dapat diatasi dan dicarikan solusi agar tidak ditemukan lagi kendala dalam memverifikasi berkas yang masuk.

Pengumuman seleksi CPNS untuk Kota Pekanbaru juga ikut ditunda hingga Kamis (10/10) mendatang. Penundaan ini berdasarkan pada surat edaran yang disampaikan oleh Pemerintah Provinsi Riau dari surat Men PAN-RB nomor SE/10/M.PAN-RB/08/2013 tentang jadwal pelaksanaan seleksi CPNS 2013.

Menurut kepala BKD Kota Pekanbaru, Hermanius, pengunduran waktu pengumuman ini berarti waktu verifikasi berkas juga diperpanjang hingga Kamis (10/10). Katanya, hingga Senin (7/10), berkas peserta yang masuk ke BKD via pos baru 971 berkas, sementara yang mendaftar via online 1.814 orang. Dengan rincian, guru kelas SD sebanyak 635 orang, guru BP/BK 260 orang, guru tata kecantikan rambut 12 orang, teknik audio video 25 orang, teknik instalasi listrik 36 orang, dan teknik grafika 3 orang.

"Jadi sampai 10 Oktober kita masih menerima kiriman berkas itu, namun yang paling penting itu adalah cap posnya tetap 4 Oktober paling lambat. Dan bisa saja angka 971 ini bertambah untuk beberapa hari ke depan, lewat dari tanggal itu otomatis langsung tereliminasi," jelasnya. Setelah ini, untuk pemgumuman selanjutnya peserta lulus administrasi akan disampaikan lewat pengumuman yang ditempel di BKD Pemko, juga melali website resmi dan juga lewat media massa.

Begitu juga di Rokan Hilir (Rohil), berdasarkan selebaran pengumuman Nomor: 800/BK-PM/2013/6.11, yang ditempelkan di dinding gedung serbaguna Bagansiapi-api, diberitahukan kepada seluruh pelamar CPNS di Kabupaten Rohil, pengumuman seleksi administrasi yang seharusnya diumumkan pada Senin, 7 Oktober 2013, ditunda.

Direncanakan, pengumuman hasil seleksi administrasi penerimaan CPNS Kabupaten Rohil bakal segera dilaksanakan pada Kamis, 10 Oktober 2013 mendatang.

"Sehubungan masih berlangsungnya proses seleksi administrasi dan hasil koordinasi dengan Pemerintah Provinsi Riau dalam hal ini BKD Riau, maka pengumuman seleksi administrais ditunda.

"Pengumuman hasil seleksi adminsitrasi direncanakan bakal diumumkan Kamis 10 Oktober 2013 mendatang," kata BKD Kabupaten Rohil, Roy Azlan kepada Riau Pos kemarin di Bagansiapi-api.(egp/gus/sah/aal/amy/ind/jps)

Sumber : riaupos.co
Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama