Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi

Logo baru UIN SUSKA Riau
Logo baru UIN SUSKA Riau
Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Syarif Kasim Riau, meskipun secara yuridis formal baru lahir pada tahun akademi 1998/1999, tetapi secara historis Fakultas ini telah berusia hampir seperempat abad, karena embrionya bermula dari Jurusan Ilmu Dakwah yang ada pada Fakultas Ushuluddin IAIN Sulthan Syarif Qasim Pekanbaru .

Peningkatan status Jurusan Ilmu Dakwah menjadi sebuah Fakultas tersendiri sesungguhnya telah direncanakan sejak lama. Usaha-usaha yag lebih intensif ke arah itu telah dimulai sejak tahun akademi 1994/1995. Setahun kemudian yakni 1995/1996, Jurusan Ilmu Dakwah dimekarkan menjadi dua Jurusan, yaitu Jurusan Pengembangan Masyarakat Islam (PMI) dan Jurusan Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI). Kedua jurusan tersebut sampai tahun akademi 1997/1998 telah berusia labih kurang tiga tahun dan telah memiliki mahasiswa sebanyak 211 orang dengan rincian; Jurusan Pengembangan Masyarakat Islam 102 orang dan Jurusan Bimbingan dan Penyuluhan Islam sebanyak 109 orang.

Pada tahun akademi 1996/1997 telah pula dilakukan pula penjajakan dan konsultasi kepada Fakultas Ilmu Komunikasi Universiata Padjadjaran Bandung dalam rangka mempersiapkan dan memperluas jurusan pada Fakultas Dakwah yang akan didirikan, yang kemudian menghasilkan kesepakatan kerjasama antara IAIN Susqa Pekanbaru dengan Universitas Padjadjaran Bandung yang direalisir dalam bentuk penandatanganan naskah kesepakatan berupa Memorandum of Understanding (MoU) pada bulan Januari 1998 dengan nomor; IN/13/R/HM.01/164/1998 dan 684/706/U/1998 yang pelaksanaan teknisnya dipercayakan pada Fakultas Ushuluddin (Pengasuh Ilmu Dakwah) dan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran Bandung sebagai tindak lanjut dari MoU tersebut adalah disepakatinya pembukaan Program Studi Strata Satu (S1) Ilmu Komunikasi dan Diploma Tiga (D3) Pers dan Grafika, untuk melengkapi dua Jurusan yang sudah ada yaitu jurusan PMI dan BPI pada Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi yang kan didirikan.

Untuk mewujudkan pendirian Fakultas dakwah pada IAIN Susqa Pekanbaru telah dilakukan berbagai upaya perintisan, diantaranya adalah mengupayakan untuk mendapatkan pengukuhan secara yuridis formal dari berbagai pihak terkait seperti dari Departemen Agama sendiri, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI dan dari Menteri Penday-gunaan Aparatur Negara (Menpan) yang hasilnya adalah dikeluarkannya Surat Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia tentang pendirian Fakultas dakwah IAIN Sulthan Syarif Qasim Pekanbaru nomor 104 tahun 1998 tanggal 28 Februari 1998.

Dalam pada itu telah pula dilakukan seminar dan lokakarya (semiloka) tentang penyusunan kurikulum Jurusan Ilmu Komunikasi dan Program Studi Dakwah dan Ilmu Komunikasi. Semiloka tersebut dihadiri oleh dua tokoh dan pakar Komunikasi dari Fakultas Ilmu Komunikasi Unpad Bandung yaitu; Dr. H. Dedi Mulyana, MA dan Drs. Elvinaro Enderianto, M.Si menggantikan Drs. Soleh Soemirat Dekan Fikom Unpad yang berhalangan datang. Semiloka tersebut berhasil merumuskan kurikulum terpadu antara disiplin Ilmu Komunikasi dan Ilmu Keislaman yang merupakan ciri khas program studi Ilmu Komunikasi pada IAIN Susqa.

Berbekal Surat Keputusan Menteri Agama RI Nomor 104 ahun 1998 tersebut. Maka secara de jure Fakultas dakwah IAIN Susqa telah lahir dan terpisah dari Fakultas Ushuluddin, tetapi secara de facto kelahiran itu baru terealisir pada bulan September 1998, dalam acara Stadium General Pembukaan Kuliah tahun akademi 1998/1999. Dalam kesempatan itu yang bertindak sebagai pembicara adalah Drs. Sholeh Soemirat, M.Si, Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi Unpad Bandung.
Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi hingga tahun ketujuh telah mengalami beberapa peralihan kepemimpinan lebih kurang tiga kali. Pada waktu didirikan tahun 1998, Fakultas dakwah mengasuh tiga Jurusan Setrata Satu (S1), yaitu Jurusan Pengembangan Masyarakat Islam (PMI), Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI) dan Ilmu Komunikasi (Kom) serta satu Jurusan diploma tiga Pers dan Grafika (D3) (P&G) dengan pelaksanaan tugas sebagai Dekan pada awal berdiri adalah Drs. Noor Aini HA dimana beliau masih menjabat sebagai Pembantu Rektor II dan Dr. Atjeng Achmad Kusiari, MA (al-marhum) sebagai Pembantu Dekan I (Bidang Akademik), Drs. H Sabaruddin MN, SH selaku Pembantu Dekan II (Bidang Administrasi dan Keuangan) serta Drs. H. Sarwan Anthoni sebagai   Pembantu  Dekan  III  ( Bidang  Kemahasiswaan )  (tahun 1998-2000). Pada periode kedu dari tahun 2000-2005) Dekan Fakultas Dakwah adalah Drs. H. Hidayat, MA Pembantu Dekan I (Bidang Akademik) adalah Drs. H. Ali Abri, MA, Pembantu Dekan II adalah Drs. Suhaimi.D, M.Si (Bidang Administrasi dan Keuangan) dan Pembantu Dekan III adalah Drs. Syafaruddin, M.Pd. Pada Periode berikutnya Pada Bulan April 2005 terpilihlah Dekan baru Periode 2005-2009 sebagai Dekan adalah DR. H. Ali Abri, MA, Pembantu Dekan (Bidang Akademi) Drs. H. Suhaimi, M.Ag, Pembantu Dekan II (Bidang Administrasi Umum dan Keuangan) adalah Drs. Ginda, M.Ag, sedangkan Pembantu Dekan III pada periode yang sama telah dua kali pergantian karena Pembantu Dekan III (Bidang Kemahasiswaa) pertama adalah Drs. Sudirman, M.Ag mengundurkan diri setelah beliau terpilih dan sempat menduduki jabatannya tersebut kurang lebih enam bulan dan sebagai penggantinya adalah Elfiandri, M.Si.

Pada pertengahan tahun 2009 tepatnya pada bulan Mei 2009 Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Suska Riau melakukan pergantian pucuk pimpinan periode 2009-2013 melalui Rapat Senat Fakultas sehingga terpilihlah sebagai Dekan Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi adalah Prof. DR. Amril. M, MA sementara  Pembantu Dekan I (Bidang Akademik) masih tetap dijabat oleh Drs. H. Suhaimi, M.Ag, Pembantu Dekan II (bidang Administrasi Umum dan Keuangan) dijabat oleh  Darusman, M.Ag dan Pembantu Dekan III (Bidang Kemahasiswaan) dijabat oleh Dra. Silawati, M.Pd.

Pada saat usia pendirian Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi yang baru berusia satu tahun namun Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Suska Riau terus mengembangkan diri dengan melakukan berbagai usaha diantaranya pengembangan jurusan, salah satunya adalah pembukaan Jurusan Teknik Iformatika. Jurusan ini sesungguhnya telah direncanakan sejak awal, yakni sejak bulan februari 1998. Melalui usaha-usaha penjajakan kepada pihak ITB Bandung menghasilkan kesepakatan dengan ditandatanganinya kesepakatan bersama (MOU) antara IAIN Susqa dengan Institut Teknologi Bandung (ITB) nomor IN/13/R/HM 01/335/1998 dan nomor 226/KS/K0 1/DN 1.2/1998 tanggal 10 Agustus 1998 yang salah satu diktumnya berisi kesepakatan untuk membuka Jurusan Teknik Informatika pada tahun akademi 1990/2000 yang pengelolaaan administrasinya dipercayakan kepada Fakultas Dakwah yang masih muda tersebut. Rencana tersebut diperkuat dengan adanya saling pengertian antara pihak IAIN Susqa dengan PT. CPI untuk membuka jurusan Tehnik Informatika pada tahun akademi 1999/2000, dan pihak PT. CPI bersedia memberikan bantuan tenaga profesional bagi mempersiapkan pembukaan jurusan tersebut. Dua tahun kemudian tepatnya pada tahun akadei 2001/2002, Fakultas Dakwah mebuka pula Prigram Studi Baru, Teknik Industri yang juga mendapat bantuan tenaga profesional dari PT. CPI. Sehingga pada tahun akademi 2001/2002, Fakultas Dakwah megasuh lima program studi strata satu (S1) dan satu program Diploma Tiga (D3).

Pada tahun 2002/2003 Fakultas Dakwah merencanakan pula untuk membuka satu jurusan program S1 yaitu jurusan Manajemen Dakwah dan satu jurusan maatematika. Pembukaan jurusan matematika ini dimaksudkan untuk mendampingi Jurusan Tehnik Informatika dan Teknik Industri, yang pada tahun  akademi 2002/2003 dilepas dari Fakultas Dakwah dan ditingkatkan menjadi Fakultas tersendiri, Yaitu Fakultas Sains dan teknologi, sebagai bagian dari program peningkatan status IAIN dari Intitusi menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) Sulthan Syarif KasimRiau. Sehingga pada tahun akademi 2002/2003 ini Fakultas Dakwah tidak lagi mengasuh program studi eksak. Fakultas Dakwah hanya mengasuh empat jurusan strat satu dan satu jurusan diploma tiga (D3) yaitu;

a.Jurusan Strata satu (S1)
    1) Pengembangan Masyarakat Islam (PMI)
    2) Bimbingan dan penyuluhan Islam (BPI)
    3) Ilmu Komunikasi (Kom)
    4) Manajeman Dakwah (MD)
b. Jurusan Diploma Tiga (D3) Pers dan Grafika (P&G)
Kampus Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN SUSKA RIAU
 Sumber : fdik.uin-suska.ac.id
Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama