Fakultas Ushuluddin

Logo baru UIN SUSKA Riau
Logo baru UIN SUSKA Riau
Kelahiran sebuah lembaga pendidikan tinggi senantiasa mengikuti tumbuh kembang ilmu pengetahuan. Perguruan tinggi sebagai institusionalisasi (pelembagaan) dari suatu cabang pengetahuan atau bahkan untuk sebuah Universitas berupaya secara sungguh-sungguh untuk mencangkokkan sejumlah cabang ilmu pengetahuan dalam wujud kumpulan pengetahuan yang lebih lengkap. Perkembangan ilmu pengetahuan di Perguruan Tinggi biasanya dipilah menjadi sebuah cabang ilmu yang lebih kecil yang dikaji secara khusus pada sebuah program studi. Namun demikian, ilmu pengetahuan dalam bentuk apapun senantiasa berpijak di atas suatu paradigma tertentu. Wilayah kajian, metodologi pendekatan serta kegunaan suatu ilmu harus berpijak pada paradigma tersebut.

Fakultas Ushuluddin sebagai salah Fakultas di lingkungan Perguruan Tinggi Agama Islam, mempunyai tugas untuk mengembangkan ilmu-ilmu dasar keislaman yang membicarakan persoalan-persoalan tentang ketuhanan dan segala sesuatu yang berkaitan dengan itu. Namun demikian karena suatu ilmu tidak dapat berdiri sendiri secara muthlak, maka ilmu Ushuluddin memerlukan ilmu-ilmu lain yang memiliki karakteristik yang sejenis yaitu ilmu-ilmu yang membicarakan agama secara umum dan ilmu-ilmu bantu lainnya seperti sosiologi, anthropologi, psikologi dan lain-lain, yang membicarakan studi agama Islam dalam tataran paradigma sains secara umum.

Ilmu Ushuluddin jika dilihat dari sisi paradigma keilmuan, berada dalam lingkungan filsafat, ilmu tasawuf dan ilmu tafsir hadits serta ilmu agama secara umum. Oleh karena itu terdapat sejumlah jurusan atau program studi di lingkungan Fakultas Ushuluddin yaitu: Aqidah Filsafat, Tafsir Hadits, Perbandingan Agama dan Administrasi Negara.

Ushuluddin sebagai ilmu harus diletakkan sebagai ilmu murni dalam paradigma ilmu-ilmu keislaman. Sebagai ilmu murni, Ushuluddin menjadi fondasi bagi perkembangan ilmu keislaman lain yang tersebar pada sejumlah Fakultas di lingkungan IAIN yaitu Tarbiyah, Syari’ah, Dakwah dan Adab. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa ilmu Ushuluddin sebagai Mother of Islamic Science.
Kampus Fakultas Ushuluddin UIN SUSKA RIAU
Sumber : fush.uin-suska.ac.id
Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama